RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri Jatimulya 06
Kelas/Semester :
V/1 (satu)
Tema :
3. Kerukunan dalam bermasyarakat
Subtema : 2.
Manfaat hidup rukun
PB :
4
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (7 x 35 menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun , peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan factual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan
tempat bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
PKN
3.4
Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
•
Menjelaskan manfaat-manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan
kesatuan di sekolah.
4.4
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
Menceritakan tindakan dirinya yang telah
menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di sekolah.
Bhs. Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
•
Mengidentifikasi bentuk-bentuk perdagangan regional
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
•
Membuat contoh surat perdagangan (surat permintaan)
IPS
3.4 Memahami manusia
Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan
sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
• Mengenal
bentuk, fungsi, dan peran lembaga ekonomi yang ada di masyarakat
4.4
Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan
aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial,
ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
• Membuat artikel
sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan
fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya.
MTK
• 3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
• Melakukan
operasi hitung dengan menggunakan skala
• Memecahkan
masalah sederhana yang melibatkan skala
4.13
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan
dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarkuantitas, serta memeriksa
kebenaran jawabnya
·
Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
konsep skala.
·
Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan konsep skala
·
Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan konsep skala
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Dengan
menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menyebutkan bentuk lembaga
ekonomi yang ada di Indonesia dengan cermat.
·
Dengan
praktik, siswa dapat membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan
aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial,ekonomi,
dan budaya dengan teliti
·
Dengan
menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk
lembaga perdagangan internasional.
·
Dengan
praktik, siswa dapat membuat surat permintaan dengan cermat.
·
Dengan
pengamatan siswa dapat menjelaskan manfaat-manfaat dari perbuatan yang
mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah dengan cermat.
·
Dengan
berdasarkan pengalaman, siswa dapat menceritakan tindakan dirinya yang telah
menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di sekolah dengan percaya diri.
·
Dengan
berhitung, siswa dapat melakukan operasi hitung dengan menggunakan skala dengan
teliti.
·
Dengan
menyelesaikan permasalahan, siswa dapat menuliskan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan konsep skala dengan mandiri.
·
Dengan
kegiatan berhitung, siswa dapat menerapkan strategi yang tepat untuk
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala dengan teliti.
·
Dengan
menyelesaian permasalahan, siswa dapat memeriksa kebenaran jawaban dalam
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala dengan cermat.
D. Materi Pembelajaran
IPS : Lembaga ekonomi
PKN : Manfaat persatuan dan kesatuan
MTK :
Konsep skala
B.indonesia : Bentuk perdagangan
regional
E.
Metode
dan Pendekatan Pemblajaran
Metode : Discovery, tanya jawab, dan diskusi
Pendekatan : Sainstifik
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan).
F.
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
·
Media
dan Alat : Gambar perilaku manusia,perubahan alam, Lembar kerja siswa ,Peta
pikiran
·
Sumber
: - Maryanto, Fransiska, dkk.
2014. Buku Guru SD Kelas 5 Tema 3: Kerukunan Dalam Bermasyarakat.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Maryanto,
Fransiska, dkk. 2014. Buku Siswa SD Kelas 5 Tema3: Kerukunan Dalama
Bermasyarakat. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan ± 10 menit
· Siswa
memulai kegiatan dengan berdoa, absensi kehadiran
· Guru
menjelaskan tema/sub tema yang akan dipelajari
· Bersama-sama
siswa menyanyi lagu “ Bangun tidur karya AT.Mahmud”
b.
Kegiatan Inti ± 220 menit
· Siswa
memperhatikan denah lingkungan pada gambar dengan seksama
· Siswa
membaca denah pada gambar bersama sama dengan mennetukan arah mata angin
· Siswa berhitung
dan operasi hitung dengan menggunakan skala
· Siswa menuliskan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep skala
· Siswa menerapkan
strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep
skala
· Siswa memeriksa
kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep
skala
· Siswa menggali
informasi dari teks bacaan, dan menyebutkan bentuk lembaga ekonomi yang ada di
Indonesia
· Siswa menentukan
hak dan kewajiban anggota koperasi
· Siswa praktik,
membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang
terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial,ekonomi, dan budaya
· Siswa menggali
informasi dari teks bacaan dan mengidentifikasi perilaku yang pernah dilakukan
disekolah berdasarkan pengalaman nilai
persatuan dan kesatuan
· Siswa praktik,
membuat surat permintaan
· Siswa menjelaskan
manfaat-manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di
sekolah
c.
Kegiatan Penutup ± 15 menit
· Bersama-sama
siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan kepada murid hari ini
· Guru
melakukan penilaian pembelajaran hari ini
· Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa
melakukan kebiasaan-kebiasaan baik seperti tekun,teliti sikap peduli
· Guru memberi tindak lanjut tugas di rumah
bersama orang tua
Guru mengajak
siswa untuk berdoa sebelum pulang dan mengucapkan salam penutup.
A. Penilaian.
·
Rubrik surat permintaan
Hasil
mengerjakan surat permintaan barang
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||||||||||
Unsur Surat
|
Struktur surat
|
Bahasa
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
1
|
|||||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||||||
10
|
|||||||||||||||||||
…………
|
|||||||||||||||||||
Skor : 12/12 x 100=…
Hasil pengamatan laporan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||||||||||
Isi+Pengetahuan
|
Penggunaan Bahasa
|
Sikap
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
1
|
M.Zuriansyah
|
||||||||||||||||||
2
|
Addawiyah
|
||||||||||||||||||
3
|
Adelin N
|
||||||||||||||||||
4
|
Al hafish
|
||||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||||||
10
|
|||||||||||||||||||
…………
|
|||||||||||||||||||
Skor : 12/12 x 100=….
Mengetahui, Bekasi,…………… 2014
Kepala Sekolah Guru Kelas V
Dra. Sri Utami Rosenta
Minaria,P, S.Pd.
NIP : 196501171992032005
NIP : 196709202002122001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar