RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri Jatimulya 06
Kelas/Semester :
V/1 (satu)
Tema : 2. Peristiwa dalam kehidupan
Subtema : 1.
Wujud benda dan cirinya
PB : 1
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun , peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan factual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan
tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk
pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah
bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan
pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang
dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator
3.2.1 Menyelesaikan soal latihan
pecahan biasa, campuran, decimal
4.1.1 Mengenal bentuk pecahan biasa
4.1.2 Mengenal bentuk pecahan campuran
4.1.3 Mengenal bentuk pecahan
decimal
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan
buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari bacaan
tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
4.1.1Menyajikan hasil laporan dalam bentuk
tabel mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh
kegiatan manusia
IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan
kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta
keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam
lingkup nasionalI
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang
dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
Indikator
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia
dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya
dalam lingkup nasional
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis
dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan
manusia.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang
membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat
menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
Ø Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam,
siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak pada manusia
dengan cermat.
Ø Dengan membaca teks tentang perubahan wujud
benda, siswa dapat menemukan contoh– contoh perubahan wujud benda yang terdapat
pada bacaan dengan cermat dan teliti.
Ø Dengan membaca teks tentang perubahan wujud
benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan
tepat dengan cermat dan teliti.
Ø Dengan latihan penyelesaian soal tentang
pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran,
persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
Matematika :
Pecahan
B.Indonesia :
Kosakata baku dan kosakata tidak baku
IPS :
Aktivitas manusia
E. Metode dan Pendekatan Pemblajaran
Metode : Ceramah, tanya jawab, dan diskusi
Pendekatan : Saintifik
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan).
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media
dan Alat : Gambar-gambar; Lembar Tugas Peta Pikir
2.
Sumber
: - Susilawati, Fransiska, dkk.
2014. Buku Guru SD Kelas 5 Tema 1: Benda-benda di lingkungan sekita.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Susilawati,
Fransiska, dkk. 2014. Buku Siswa SD Kelas 5 Tema 1: Benda-benda di
lingkungan sekita. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
· Kegiatan
Awal ± 10 menit
Ø
Guru menyapa siswa dengan wajah ramah dan membimbing
berdoa bersama serta mengabsen kehadiran siswa
Ø
Guru
memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dilaksanakan
Ø
Apersepsi :
-
Siapa yang rumahnya dekat sungai?
-
Bagaimana keadaan sungai dekat rumahmu itu?
-
Apa yang menyebabkan air sungai keruh dan berbau?
-
Bagaimana dampak bagi aktivitas manusia bila air sungai
telah tercemar?
· Kegiatan
Inti (± 150 menit)
Ø Siswa
mengamati gambar tentang sungai yang tercemar
Ø Siswa
menjawab pertanyaan mengenai peristiwa dalam gambar tersebut
Ø Siswa Identifikasilah
perubahan-perubahan pada alam yang memiliki dampak bagi kehidupan manusia
Ø Siswa membaca teks wacana
mengenai perubahan wujud benda
Ø Siswa menemukan kosakata
tidak baku dan tidak bakudalam bacaan di atas.
Ø Siswa menuliskan
informasi-informasi dalam bacaan di atas yang berkaitan dengan perubahan wujud
benda.
Ø Siswa mendiskusikan perubahan-perubahan
alam di sekitar tempat tinggalnya.
Ø Siswa
mempresentasikan hasil diskusi mengenai perubahan-perubahan alam di sekitar
tempat tinggal
Ø Siswa
menyimpulkan perubahan-perubahan alam di sekitar tempat tinggalnya.
Ø Siswa
menjelaskan pecahan biasa dan pecahan campuran
Ø Siswa
mengerjakan latihan mengenai pecahan
Ø Siswa
mengubah pecahan biasa dan pecahan campuran ke dalam bentuk pecahan persen
Ø Siswa
mengubah pecahan biasa dan campuran ke dalam bentuk pecahan decimal.
Ø
Siswa menentukan nilai tempat bilangan
decimal
Kegiatan
penutup (±15 menit)
Ø Siswa
bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran
dari awal hingga akhir
Ø Siswa
bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini
Ø Guru mengumumkan hasil pembelajaran
Ø Guru menyampaikan pesan moral yang berkaitan
dengan pembelajaran
Ø Siswa
meminpin do’a diakhir pembelajaran
H. Penilaian
1.
Teknik penilaian
a.
Penilaian
keterampilan : unjuk kerja

No
|
Nama
|
Kriteria
|
|||||||||||||||
Prosedur
|
Kelengkapan
|
Kesesuaian
|
Sikap
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Skor = Jumlah
skor x5 =
9
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan
|
Tabel lengkap,
informative dan mudah dipahami dengan keterangan
|
Tabel lengkap,
informative dan mudah dipahami
|
Tabel lengkap,
informative dan mudah dipahami sebagian materi
|
Tabel lengkap,
informative dan mudah dipahami beberapa materi
|
Bahasa baik dan benar
|
Bahasa baik dan
benar dan sangat efektif secara keseluruhan dalam tabel
|
Bahasa baik dan
benar dan secara keseluruhan dalam tabel
|
Bahasa baik dan
benar dalam sebagaian kalimat dalam tabel
|
Bahasa baik da
benar dalam beberapa kalimat di tabel
|
Sikap
Kerjasama
|
Tabel dibuat
dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas
waktu, dengan beberapa penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi
|
Keseluruhan tabel
dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas
waktu yang diberikan
|
Sebagian besar table
dibuat dengan
mandiri, lengkap,
cermat dan
teliti,
diselesaikan
sesuai
batas waktu yang
diberikan
|
Hanya beberapa
bagian tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan
sesuai batas waktu yang diberikan
|
Keterampilan Menulis
|
Keseluruhan tabel
yang sangat menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat
tabel yang tinggi dari pembuatnya
|
Keseluruhan tabel
yang menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang
baik dari pembuatnya
|
Sebagian besar
tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan
membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnya
|
Bagian-bagian
tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan ketrampilan
membuat tabel yang dapat terus ditingkatkan
|
No
|
Nama
|
Kriteria
|
|||||||||||||||
Prosedur
|
Kelengkapan
|
Kesesuaian
|
Sikap
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Skor = jumlah skor x5 =
9
Mengetahui, Tambun
Selatan,………….20
Kepala Sekolah Guru Kelas V A
Dra. Sri Utami Nur
Hikmah Wijaya, S.Pd.
NIP : 196501171992032005 NIP :198405112009022001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar